Select Page

Masih segar dalam ingatan saya kegiatan Liqo gabungan Selasa, 26 November 2014 kemarin…
Ingin sekali berbagi pengalaman baru ini pada ummahat, karena akupun baru mengetahui apa itu Riyadhoh…
Ummahat Sholihat, acara liqo gabungan kemarin dibuka oleh ukhti Hanny yg bertugas sbg MC,acara dipersingkat mengingat keterbatasan waktu sehingga kegiatan rutin seperti Tilawah bergantian, setoran Hafalan, Kultum dan pembacaan Hadist ditiadakan… Digantikan dengan Tilawatil Qur’an yg di kumandangkan oleh ukhti Endah dan Saritilawah oleh ukhti Dini..

riyadhoh1

Kemudian tausiyah singkat oleh Murobbi tercinta Ustadzah Nina, tentang:

“10 MUWASOFAT TARBIAH”

Muwasofat Tarbiah artinya ialah ciri khas yang harus melekat pada pribadi Muslim/Muslimah.
Izinkan saya membagi apa yg dimaksudkan dalam 10 hal tersebut untuk mengingatkan kembali dan sebagai bahan muhasabah kita semua,saya khususnya…

1. Salimul Aqidah.

Aqidah yang bersih.
Aqidah yang bersih akan memiliki ikatan yang kuat kepada Allah SWT, sehingga tidak akan menyimpang dari jalan dan ketentuan – ketentuan -NYA.
Sebagaimana Firman Allah dalam Q.S Al An’am : 162

قُل اِنَّ صَلَا تِيْ وَنُسُكِي وَمَحيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَنِّ الْعَلَمِيئْن

Katakanlah (Muhammad): Sesungguhnya Shalatku,
ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan seluruh alam.

2. Shahihul Ibadah.

Ibadah yang benar.
Artinya adalah bahwa dalam setiap melaksanakan ibadah haruslah sesuai dengan Sunnah Rasul SAW…tidak boleh ada unsur Penambahan dan Pengurangan…

3. Matinul Khuluq.

Akhlak yang kokoh atau Akhlak yang mulia.
Pribadi yang mempunyai Akhlak mulia adalah Rasulallah SAW dan beliaulah panutan dan suri tauladan kita dalam menjalani kehidupan.

4. Qowiyyul Jismi.

Kekuatan jasmani.
Yang bermakna setiap pribadi muslim harus memiliki daya tahan tubuh yang kuat,sehingga dapat melaksanakan ajaran Islam secara optimal dengan fisik yang kuat.
Ibadah yang memerlukan kekuatan jasmani adalah Shalat, Puasa, Zakat, Haji ,Umroh dan Perang dijalan Allah.
Rasulallah SAW bersabda :

“Mukmin yang kuat lebih aku cintai dari pada mukmin yang lemah”(H.R. Muslim).

5. Mutsaqqoful Fikri.

Intelek dalam berfikir.
Seorang muslim harus berwawasan luas tentang keIslaman dan Keilmuan yang lainnya agar perbuatan yang dilakukan sudah dipertimbangkan dan difikirkan secara matang terlebih dahulu.
Allah SWT berfirman dalam Q.S Az Zumar : 9

اَمَّنْ هُوَ قَانِتٌ آنَا~ءَالَّيْلِ سَاجِدًا وَّقَا~ئِمًايَحْذَرُالْاخِرَةَ وًيَرْجُوْا رَحْمَةَ، قُل هَلْ يَستَوِى الَّذِيْنَ يَعلَنُوْنَ وَالَّذِيْنَ لاَيَعْلَمُون
اِنَّمَايَتَذَكَرُ اُولُُوالاَْلْبَابِ

Yang artinya:
“Apakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang- orang yang tidak mengetahui?sebenarnya hanya orang yang berakal sehat yang dapat menerima pelajaran”.

6. Mujahadatul Linafsihi.

Berjuang melawan hawa nafsu.
Karena semua manusia adalah makhluk yang cenderung pada hawa nafsu , sehingga pentingnya untuk bisa ,mengendalikan nafsu sesuai dengan arahan Islam , melaksanakan kebaikan dan menjauhi hal buruk/maksiat.

7. Harisun Ala Waqtihi.

Pandai menjaga waktu.
Setiap muslim hendaknya menggunakan waktu dengan baik,sehingga waktu dapat berlalu efektif ,tak ada waktu yang sia-sia.

8. Munazhzhamun Fi Syuunihi.

Teratur dalam suatu urusan.
Sebaiknya suatu urusan dikerjakan secara profesional, dan mendapat perhatian sungguh-sungguh, bersemangat dan rela berkorban dan berkesinambugan.

9. Qodirun Alal Kasbi.

Memiliki kemandiirian Finansial.
Berkaitan dengan hal ini seorang muslim amat dituntut memiliki keahlian apa saja yang baik, agar dengan keahlianya itu menjadi sebab baginya mendapatkan Rizki dari Allah SWT agar kita bisa mandiri secara finansial, sehingga kita dapat melakukan ibadah-ibadah yang diperintahkan Allah seperti : Zakat , infaq, shodaqoh, Haji, Umroh dll.
Serta mempersiapkan masa depan dan pendidikan yang lebih baik.َ

10.Nafi’un Lighoirihi.

Bermanfaat bagi orang lain.
Maksudnya tentu lah seorang muslim harus bermanfaat yang baik bagi orang- orang yang berada disekitarnya.
Keberadaannya membawa manfaat dan membawa kebaikan untuk orang disekelilingnya.

Rasulallah SAW bersabda:

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain” (H.R.Qudhy dari Jabir).

Setiap pribadi muslim haruslah menjadikan 10 hal tersebut sebagai standar bagi diri masing-masing, maka akan semakin kuat dan kokohlah Islam…

Demikian kutipan saya tentang materi yang disampaikan oleh Murobbi kami.
Kembali ke masalah “Riyadhoh” , Riyadhoh yang artinya Olah Raga termasuk dalam poin yang ke 4.Qowiyyul Jism atau kekuatan jasmani. Karena olah raga adalah salah satu kegiatan yang akan menjadikan dan mengolah tubuh menjadi kuat dan sehat, maka baiknya riyadhoh dilakukan kontinyu dan berkesinambungan sehingga akan tercipta pribadi-pribadi muslim yang tangguh dan kuat secara fisik.
Kemarin Renang dipilih sebagai kegiatan Riyadhoh Majlis Ta’lim Qonita.
Dengan tempat yang khusus dan tertutup dan tentunya dengan mengenakan pakaian yang tetap sesuai syariat.
Ternyata renang bersama Ustadzah dan ukhti-ukhti Sholihah itu “sesuatu” bagi saya….
Menyenangkan dan tentunya semakin mengikat persaudaraan antara kami.
Dan andai saya boleh berkhusnuzon terlihat wajah-wajah ukhti yang belum bisa ikut renang ada sedikit penyesalan, saya yakin dalam hati mereka mengharapkan akan ada kegiatan seperti ini lagi dan tentunya akan semakin penuhlah kolam renang ini nantinya, Aamiin…..
Renang bersama berlangsung kurang lbh 1 jam 30 menit, Bersamaan dengan terdengarnya Adzan Dzuhur maka berakhir pula rangkaian kegiatan Liqo pada hari itu dan acara ditutup dgn Sholat Dzuhur berjamaah ukhti-ukhti yang masih tersisa.
Dengan tubuh yang terasa lebih segar dan lebih bahagia saya pulang dan dalam hati saya bersyukur Allah SWT telah mempertemukan dan mengumpulkan saya dalam majlis dgn Murobbi dan ukhti yang telah banyak memberikan perubahan dan tambahan ilmu yang bermanfaat, semoga Allah SWT masih memberikan saya banyak waktu dan kesempatan serta mengistiqomahkan hati saya agar senantiasa ingin terus belajar menjadi lebih baik.

اَمِّيْن يَا رَنَّ الْعَالَمِين

Akhir kata, saya mohon maaf andaikan ada kekeliruan dalam penulisan dan Materi yang saya sampaikan, semata karena kekhilafan saya yang masih belajar dan Kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT.

Tak lupa salam kenal saya buat ummahat followers blog Qonita dan buat pengelola bloq ini ukhti Sholiha yang kreatif dan jamilah yaitu ukhti Riyang,Jazakillah khairan katsiiran ukhti….

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وًرَحْمَةُ اللَّه وَنَرَكَاتُه

By: Alisa.R.Bachsien

%d bloggers like this: