Select Page

Waktu berlalu begitu cepat, hitungan hari, minggu, bulan kemudian tahun, berganti kadang tanpa kita menyadari, mulai angka pertama, kedua hingga memasuki angka enam.. dalam kurun waktu tersebut begitu banyak peristiwa terjadi dalam tubuh Qonita, dari penambahan jumlah anggota yang sangat pesat (semula jumlahnya hanya tidak lebih dari hitungan jari) hingga akhirnya sekarang mencapai lebih dari angka 60 orang. Sampai dinamika kegiatan di dalamnya sendiri juga mengalami perubahan yang signifikan, yang semula hanya fokus untuk kegiatan bagi pengembangan dan perbaikan pribadi/diri sendiri, sekarang ingin lebih yaitu bisa memberikan manfaat bagi masyarakat luas (seperti program sebar kaos kaki, santunan yatim piatu, seminar dan lain-lain)

Jadi manis, pahit, pasang, dan surut dalam hubungan antar personal maupun organisasi telah banyak dialami oleh Qonita, tetapi ibarat tubuh dengan berbagai bagiannya yang memiliki beda fungsi, bentuk dan sifat kami adalah satu. Perbedaan-perbedaan tersebut bagi kami justru untuk saling melengkapi. Jika bisa diibaratkan lagi maka Qonita ibarat lukisan kaca mozaik, yang tidak terbentuk dari satu bagian utuh melainkan tersusun dari gabungan kepingan-kepingan kecil yang menyatu sehingga bisa menghasilkan gambaran yang indah.

Untuk mensyukuri kebersamaan kami inilah (Milad Qonita ke-6 ceritanya) dan kebetulan momennya bersamaan dengan Ramadhan 1436 H, kami mengadakan acara milad yang dikemas dalam bentuk kegiatan bakti sosial. Meski sebenarnya baksos ini sendiri adalah kegiatan rutin yang kami selenggarakan setiap tahunnya yaitu menjelang Ramadhan. Tetapi kali ini kami berusaha mengemasnya dengan istimewa. Mengambil tema: “Bersyukur dan Berbagi” maka dibuatlah rangkaian kegiatan beragam. Ide-ide baru bermunculan, dari satu ide kegiatan sehingga akhirnya berkembang menjadi empat ide kegiatan, yang alhamdulillah semuanya bisa dibilang berjalan lancar dan sukses.

Jika dihitung dari persiapan dan jalannya kegiatan bisa dibilang baksos terpanjang yang pernah kami garap. Seru sekaligus asyiik.. intrik-intrik dan air mata? Tentu saja ada !!! Hahaha.. tapi di sinilah letak perjuangan yang sebenarnya.. bagaimana kami saling belajar untuk memahami, saling toleransi dan mengembalikan semua pada tujuan awal kegiatan yaitu tentu saja mencari ridhoNya.

Dalam penyelenggaraan Baksos Milad Qonita ini seperti kegiatan kami yang lain, kami tidak bekerja kerja sendiri, banyak pihak yang ikut dilibatkan. Baik untuk bantuan tenaga saat penyelenggaraan maupun untuk pendanaan. Untuk pendanaan kami masih memakai cara menyebar kupon donasi (hampir 4 tahun sistem ini dipakai). Kupon ini bisa dibilang sebagai ganti kuitansi. Dan alhamdulillah dana yang terkumpul sangat mencukupi untuk semua kegiatan. Memang benar matematika cara Allah sangat beda dengan hitungan manusia. Sungguh hanya dengan kehendak-Nya semata, semuanya dari yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Berikut ulasan rangkaian kegiatannya Baksos Milad Qonita selengkapnya yang semuanya berjumlah 4 kegiatan yaitu Sebar 1000 sandal, Lomba Tahfiz, Ta’jil on The Road (selama sebulan Ramadhan) dan Ifthor Jam’i. Karena masing-masing kegiatan memiliki cerita sendiri-sendiri yang seru maka untuk memudahkan saya bagi dalam dua postingan berseri:

1. Sebar 1000 Pasang Sandal dan Bakiak ke Masjid/Musholla
Rangkaian Baksos Milad Qonita ke-6 dibuka dengan kegiatan sebar sandal ke masjid/musholla. Sebelumnya Qonita (Colek tim sebar sandal : Mba Dewi Hanan, Dhany, dan Bunda Endang) sudah menyiapkan 1000 pasang sandal dan bakiak dari donasi ummahat ini dengan membungkusnya secara rapi (ssst… pakai pita-pita segala lho.. hihihi).

Karena jumlahnya banyak (1000 pasang.. alhamdulillah) dan sasaran (masjid/musholla) berada dalam lokasi yang berjauhan maka untuk penyebarannya dibagi dalam kelompok-kelompok kecil dan tidak dilaksanakan dalam satu waktu. Oh iya, kami juga bekerja sama dengan PKPU karena kebetulan PKPU mempunyai program yang serupa yaitu sebar Al Quran dan Mukena.
Photo yg kami share di bawah hanya sebagian kecil saja karena tidak semua sempat di photo dan di dokumentasikan.

tim sebar sandar kloter 1

silaturahim dan sebar sandal


kerjasama dg tim pkpu

bikin bros untuk souvenir peserta

2. Lomba Tahfiz
Bekerjasama dengan LTTQ Ar Rahmah, digelar lomba tahfiz GRATIS untuk ahwat se Balikpapan.
Lomba Tahfidz Quran adalah suatu perlombaan yang menguji kemampuan hafalan Al- Quran, cara baca Al-Quran sesuai dengan tajwid yang serta ketepatan dalam pengucapannya.
Lihat foto-fotonya yuk..

bros-bros yang cantik

ditata cantik siap dibagi

juaranya

pendaftaran 2

Spanduk lomba

suasana lomba

suasana lomba1

suasana lomba2

antri untuk lomba

antri untuk lomba2

%d bloggers like this: