Select Page

Sebagai organisasi sosial, MT Qonita berusaha mewujud kepedulian kepada sesama melalui berapa berapa program yang rutin dijalankan diantaranya anak asuh, rumah Qur’an, Baksos (Bakti Sosial) dan berapa program lain. Program-program ini selain yang pelaksanaannya bekerjasama dengan pihak-pihak lain seperti PKPU, BMH dan Gita. Ada juga yang pelaksanannya murni dari MT Qonita. Sebagai contoh salah satu program yang murni pelaksanaanya dari kami adalah Baksos. Baksos merupakan salah satu program tahunan (satu tahun sekali, biasanya saat bulan suci Romadhon) yang bisa dibilang “lumayan heboh” baik persiapan maupun pelaksanaannya. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Baksos Tahun 2013 pelaksanaannya dimajukan sebulan menjelang bulan suci Ramadhan. Dengan pertimbangan karena mayoritas anggota Qonita adalah pendatang, otomatis setiap bulan suci Romadhon pasti sibuk mudik sehinggai supaya semua anggota bisa berpartisipasi, akhirnya dengan kesepakatan bersama jadwal pelaksanaan dimajukan.

Persiapan Baksos dimulai tiga minggu sebelum hari H. Kupon bakso disebar ke teman, kerabat atau kolega yang bersedia untuk ikut berpartisispasi. Alhamdullilah semua kupon baksos sejumlah 200 lembar (@ 50 ribu dan @ 100 ribu) dalam waktu dua minggu habis. Bahkan masih ada berapa dana tambahan titipan untuk ikut berpartisipasi dari berbagai pihak. Sehingga dana yang terkumpul bisa mencapai kisaran 17 juta rupiah.

Tahun ini selain kegiatan rutin seperti kunjungan dan memberi bantuan ke panti asuhan, kami juga memberi bantuan dan sekaligus bersilaturahmi kepada Ustad atau Ustdzah yang kehidupan ekonominya kurang beruntung. Selain itu juga ke beberapa janda fakir dan penjaga Masjid di Balikpapan. Karena begitu banyak jadwal tempat yang akan dikunjungi dan kebetulan lokasinya saling berjauhan akhirnya Baksos dilaksanakan selama dua hari.

Baksos Hari Pertama

Waktu pelaksanaan pukul 08.00 smp 13.00 wita. Ini ya foto-fotonya…

baksos-qonita-2013-persiapan

Narsis eh persiapan sebelum berangkat..

baksos-qonita-2013-lamaru

Dimana dan kapanpun tetep eksis dulu dong..

baksos-qonita-2013-narsis-

Baksos Hari Kedua

Setelah sempat tersesat, rombongan Qonita akhirnya sampai juga ke Pondok pesantren Kafiraat al Muhibbien. Lokasi lumayan susah dijangkau. Syukurlah cuaca pagi itu sangat cerah.

Setibanya di Pondok Pesantren kami disambut dengan tampilan grub Hadrah. Kemudian curhat dengan anak didik di Pondok Pesantren, sebagian besar mereka adalah anak jalanan atau anak-anak mantan narkoba. Lantunan ayat suci Al -Quran yang dibacakan oleh salah satu dari mereka merdu dan syahdu sekali. Ini membuat kami banyak yang meneteskan air mata.

Untuk membiayai Pondok Pesantren, mereka tidak hanya mengandalkan sumbangan dari donatur, tetapi ada usaha yang dikerjakan yaitu jualan kambing, selain itu mereka juga mendapat penghasilan dari tampilan grub hadrah yang diundang masyarakat sekitar jika ada acara.

Beberapa waktu lalu Pondok Pesantren ini mendapat musibah yaitu sebagian besar bangunannya terbakar. Sambil menunggu biaya terkumpul, untuk sementara anak-anak pondok tidur di kontainer bekas…Wih kebayang kan panasnya.. Apalagi di siang hari.

baksos-qonita-2013-hari-2-fober

baksos-qonita-2013-hari-2-sumbanganBeda hari beda kostum tetapi tetap eksis deh..

baksos-qonita-2013-hari-2-narsis

Semoga semua kerja keras MT Qonita selama persiapan dan pelaksanaan Baksos ini bisa bernilai ibadah dimata Allah SWT. Amiin. Sampai ketemu di Baksos tahun depan.

%d bloggers like this: